HobbyMakan.com – Keringat yang berlebihan di ketiak dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan percaya diri ketika bertemu orang lain. Keringat di ketiak dapat menyebabkan bau badan serta pakaian menjadi bernoda. Keringat di ketiak bisa dikendalikan dengan memakai antiperspirant namun jika terlalu berlebihan dan berlanjut lebih dari 6 bulan maka lebih baik memeriksakan ke dokter.

Penyebab ketiak basah berlebihan bisa karena beberapa hal seperti cuaca atau suhu panas dimana jika kondisi tubuh memanas maka akan memicu hipotalamus untuk mendinginkan tubuh dengan mengaktifkan sistem saraf simpatik dan sistem saraf ini akan mendorong kelenjar keringat di ketiak dan bagian tubuh lain untuk memproduksi keringat.

Selain karena kondisi panas, stress dan gelisah juga dapat menyebabkan keringat dimana tubuh akan melepaskan hormon epinefrin untuk merangsang kelenjar keringat. Selain itu beberapa zat seperti kafein dalam kopi, soda, coklat, teh juga dapat menyebabkan sistem saraf simpatik beraksi. Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan keringat berlebihan.

Tips untuk menghilangkan keringat di ketiak secara berlebihan serta bau di ketiak seperti memakai deodoran yang cocok dengan tubuh serta tambahan antiperspirant untuk menghentikan ketiak berkeringat. Usahakan penggunaan antiperspirant di malam hari karena menurut penelitian orang lebih jarang berkeringat di malam hari. Antiperspirant harus digunakan dalam kondisi kulit kering.

Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan serat alami seperti sutra dan kapas untuk memperbaiki sirkulasi udara dan membuat kulit tetap kering. Jika masih tetap berkeringat segera konsultasi ke dokter, dengan teknologi gelombang mikro noninvasif dapat memperbaiki kerusakan kelenjar keringat secara permanen.

Sharing is caring!

Tagged : #

Vinasya Jansen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *