HobbyMakan.com – Sebuah lubang baru telah terbuka di lapisan ozon, tapi itu bukan tempat yang diharapkan para ilmuwan untuk menemukannya. Lubang besar telah terlihat di Kutub Utara, di sisi lain planet ini dari lubang terkenal yang terbentuk setiap tahun di atas Antartika.

Para ilmuwan dari Badan Antariksa Eropa pekan ini mengatakan bahwa lubang langka ini adalah yang terbesar dari jenisnya yang pernah tercatat di belahan bumi utara planet ini. Ini mencakup area sekitar tiga kali ukuran Greenland, menurut jurnal Nature.

“Dari sudut pandang saya, ini adalah pertama kalinya Anda dapat berbicara tentang lubang ozon nyata di Kutub Utara,” Martin Dameris, seorang ilmuwan atmosfer di Pusat Aerospace Jerman di Oberpfaffenhofen mengatakan kepada Nature.

Lapisan ozon atmosfer bumi bertindak sebagai penghalang pelindung antara sinar matahari yang berbahaya dan permukaan bumi.

Bahan kimia buatan manusia yang disebut Chlorofluorocarbon (CFC) telah menghancurkan lapisan ozon selama ratusan tahun terakhir, menyebabkan penipisan dan akhirnya lubang besar yang terbentuk di Antartika pada 1980-an.

Para ahli menunjuk ke “kondisi atmosfer yang tidak biasa” sebagai penyebab lubang besar, termasuk suhu beku yang menyatukan awan pada ketinggian yang tinggi. Bahan kimia industri berinteraksi dengan awan-awan ini untuk menggerogoti lapisan ozon di bumi.

Sementara suhu secara konsisten anjlok di Kutub Selatan setiap tahun, kondisi ini jarang terjadi di Utara, membuat penipisan ozon jauh lebih jarang terjadi.

Menurut Markus Rex, seorang ilmuwan atmosfer di Alfred Wegener Institute di Potsdam, Jerman, angin kencang menciptakan pusaran kutub tahun ini, menyebabkan lebih banyak udara dingin di atas Kutub Utara daripada di musim dingin mana pun yang tercatat sejak 1979. Temperatur yang lebih rendah berarti awan ketinggian tinggi dan perusakan lapisan ozon.

Setelah menandatangani Protokol Montreal pada tahun 1987, 197 negara sepakat untuk menghapus bahan kimia seperti Clorofluorocarbon (CFC) untuk melindungi ozon dari kerusakan yang lebih parah. Bandar Casino Roulette

Sharing is caring!

Shiviluo

Gourmet Fooderista Foodeciuos HungryComplex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *