Bahan:
1 kg jeruk kesturi (Keitna)

2 kg gula

Air secukupnya (untuk merebus jeruk)

1 sdm garam

Cara membuat:
Cuci bersih buah kemudian sayat buah pada 5 sisi.

Masukkan jeruk yang telah di cuci bersih ke dalam panci dan rendam dengan air. Pastikan jeruk terendam semuanya dan tambahkan 1 sdm garam. Rebus dan setelah mendidih, biarkan selama 5-10 menit dari mendidih agar jeruk melunak. Biarkan hingga dingin, angkat dan tiriskan. Simpan air rebusan untuk digunakan esok hari.

Setelah dingin, press buah tengan telapak tangan agar memudahkan memisah biji dari buah. Lakukan hingga semua buah terbuang bijinya.

Panaskan panci, masukkan semua buah jeruk yang telah di press tadi dan tambahkan air secukupnya hingga merendam permukaan jeruk. Setelah air mendidih tambahkan 1 kg gula dan diamkan selama 3-5 menit. Diamkan hingga dingin kemudian angkat dan simpan dalam kulkas semalaman.

Tiriskan manisan dan air manisan dicampurkan dengan air rebusan jeruk yang pertama kali dibuat. Didihkan kembali dan tambahkan 1 kg gula dan aduk perlahan hingga gula larut dengan sempurna untuk membuat sirup kietna. Diamkan hingga dingin dan pindahkan ke botol atau wadah kemudian simpan di kulkas.

Manisan dan sirup kietna alami siap untuk di nikmati.

Sharing is caring!

Tagged :

Shiviluo

Gourmet Fooderista Foodeciuos HungryComplex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *