Hobbymakan.com – Resep olahan daging sapi lada hitam adalah salah satu warisan kuliner. Peranakan yang sangat terkenal di Indonesia. Simak cara memasaknya berikut ini.

Mungkin teman-teman heran melihatku berbagi resep yang berhubungan dengan tumis-tumis daging dan daging merah. Sebetulnya resep berikut ini justru menurutku adalah salah satu resep olahan yang berimbang antara faktor rasa enak dan kandungan nutrisinya. Selain itu resep olahan daging sapi lada hitam selalu menjadi favorit di banyak tempat makanan Chinese food dari warung hingga restoran bintang lima. Sayang rasanya kalau melewatkan yang satu ini dan tidak berbagi resepnya dengan kalian semua.

Sebagai salah satu hidangan Peranakan yang sangat terkenal, resep olahan daging sapo lada hitam ternyata awalnya mengejutkan dengan bahan-bahan yang dipakainya. Fakta lain yang seru adalah popularitas masakan yang satu ini hingga perantauannya warga Tiongkok ke Amerika Serikat sejak berdekade-dekade lalu. Konon di Amerika, masakan ini lebih dikenal dengan istilah pepper steak.

Bicara soal bahan-bahannya, resep daging sapi lada hitam ini menggunakan dua jenis buah paprika atau bell papper saat proses masaknya. Sebuah estetika cantik yang memberikan warna tersendiri dari sebuah masakkan yang didominasi warna gelap. Selain itu penggunaan lada hitam juga terbilang cukup unik, karena masakan negeri Tiongkok sendiri tidak yang selalu lazim memakai rempah yang satu ini. Kecuali mungkin wilayah Sichuan yang terkenal akan mananannya yang pedas-pedas dan benyak menggunkan cabai andaliman.

Dengan adanya paprika dan lada hitam, jelas terlihat adanya budaya perantauan di sana. Selain itu, masakkan ini diliputi dengan saus racikan lada hitam yang gurih, manis, sekaligus agak pedas. Semua ini dimasak bersama potongan daging sapi yang berkualitas. Hasilanya adalah rasa yang meresap sekaligus juicy. Versi lebih murahnya biasanya hanya menggunakan irisan-irisan daging sapi dan malah tidak juicy. Beda kalau kalian menikmatinya ketika di restoran.

Nah berhubung dirumah, kita coba memaksimalkan kelezatannya yuk sobat Hobbymakan.com. Pertama pilihlah daging sapi has dalam sehingga tidak ada lemak. Dengan mengikuti cara masak berikut ini, pasti hasilnya dijamin dagingnya akan lebih sedap dan saus lada hitamnya begitu kental dan terasa. Pilihan yang tepat banget untuk makan malam saat bersama keluarga. Selamat memasak!

Bahan-bahan :

  • 350 gram daging sapi has dalam
  • 7 suing bawang putih, cincang
  • 1/2 buah paprika hijau, buang bijinya & potong kotak-kotak
  • 300 cc air
  • 1 buah bawang bombay, iris setebal 1 cm
  • 1/2 buah paprika merah, buang bijinya & potong kotak-kotak
  • Lada hitam butiran, bubukan
  • 3 sdm minyak sayur

Bahan Marinasi :

  • 1 sdm kecap manis
  • 5 sdm saus tiram
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdt soda kue

Cara Membuat :

  1. Potong daging sapi menjadi kotak-kotak.
  2. Masukan daging yang sudah dipotong ke dalam saus marinasi. Aduk rata dan diamkan minimal 30 menit.
  3. Tumis bawang putih sampai harum. Masukan daging sapi beserta saus rendamannya termasuk kecap manis. Masak hingga daging berubah warna, lebih lunak dan kuah mengental. Tambahkan air bila perlu.
  4. Masukan paprika dan bawang bombay. Aduk rata hingga bawang dan paprika matang. Tambahkan merica hitam dan aduk rata sekali lagi.
  5. Sajikan hangat. Tambahkan merica hitam yang digiling kasar agar terasa lebih nikmat.

Ngomong-ngomong resep daging sapi lada hitam seperti ini juga mudah dimasak ketika tengah merantau keluar negri. Semua bahan tersedia dan mudah didapatkan. Jadi berkali diri kamu dengan resep ini dan siap kamu bertahan hidup di mancanegara dengan satu resep istimewa ini!

Sharing is caring!

Tagged :

TukangMasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *