Hobbymakan.com – Kandungan tannin di dalam kopi bisa menumpuk di dalam kopi di email gigi dan bikin gigi kuning. Tapi ternyata gak cuam kopi aja lho. Teh, terutama teh hitam juga punya kandungan tannin yang bikin gigi kuning. Semakin gelap teh yang kamu minum, semakin besar kemungkinan membuat gigi kamu kuning.

Sayang banget kalau kamu hobi minum kopi dan tehmu malah bikin ganggu penampilan. Eits, kamu tidak perlu khawatir, kok. Ada beberapa tips yang kamu bisa coba untuk mengurangi dampak minum kopi dan teh ke gigimu.

  1. Minum pakai sedotan

Minum kopi atau teh pakai sedotan efektif mengurangi noda kekuningan di gigimu. Airnya bisa langsung masuk ke tenggorokan tanpa harus mengenai gigi. Tapi, perlu diperhatikan kalau gigi bagian dalam dan gigi bagian gerahammu tetap rawan terkena nodanya.

Kalau kamu memutuskan untuk meminum pakai sedotan, jangan lupa pakai sedotan yang ramah lingkungan, yah!

2. Minum air putih

Selalu sediakan air putih kemana pun kamu pergi. Setelah minum kopi atau teh, segera minum air putih untuk membilas sisa-sisa yang tertinggal di dalam mulut. Seteguk saja sudah cukup, kok. Selain membantu untuk membersihkan sisa minuman yang tertinggal, minum air putih juga bisa membuatmu semakin berenergi.

3. Kumur-kumur

Kalau kamu cenderung paranoid, kamu bisa kumur-kumur setelah minum kopi atau teh. Kumur-kumur dengan air atau mouthwash tentu efektif menghilangkan sisa-sisa minuman yang tertinggal di dalam mulut. gigimu jadi bersih, nafasmu pun segar.

4. Rajin sikat gigi

Sebagai penggemar kopi atau teh, rajin sikat gigi adalah wajib. Ini akan mengurangi noda kuning akibat minum kopi atau teh. Tapi, kamu perlu menghindari menyikat gigi langsung setelah minum kopi atau teh.

Mengutip laman Death Wish Coffee, menyikat gigi setelah minum kopi atau teh akan membuat gigi mudah keropos dan noda gampang menempel. Ini karena tingkat keasaman pada kopi dan teh dapat melunakkan email gigi. Langsung menyikat gigi setelah minum kopi atau teh malah merusak gigi.

5. Flossing atau membersihkan gigi dengan benang

Flossing atau membersihkan gigi dengan benang bisa membersihkan area-area yang tak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Flossing sangat efektif membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan minuman yang menempel dan bersembunyi di sela-sela gigi.

6. Rajin periksa gigi ke dokter enam bulan sekali

Tidak ada salahnya berkunjung ke dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan dan kebersihan gigimu. Justru, kita disarankan untuk memeriksakan gigi minimal enam bulan sekali. Dengan begini, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya dan melakukan pembersihan bila diperlukan.

Nah, jangan sampai hobi enak dan sehatmu bikin ganggu penampilan. Selama rajin menjaga kesehatan dan kebersihan gigi, kamu gak perlu khawatir tiap kali minum kopi atau teh.

Sharing is caring!

Tagged :

TukangMasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *