Hobbymakan.com – Bingung mau dimasaka apa ikan kakap di rumah? Cobain resep kakap goreng berselimut telur asin yang bisa bikin keluarga lahap saat menyantapnya.

Telur asin kini semakin familiar dijadikan saus berbagai sajian. Salah satunya resep kakap goreng berselimut telur asin bisa memeriahkan akhir pekan bersama keluarga. Perpaduan gurih dan asin dari berselimut menu ini dijamin bikin keluarga lahap saat menyantapnya. Kamu bisa sajikan dengan nasi hangat.

Jika biasanya ikan dori saus telur asin yang dijadikan di restoran, kedai, kaki lima, kini kita coba dengan ikan kakap. Kamu bisa menggunakan kakap merah atau putih, sesuaikan dengan selera pribadi. Kedua jenis kakap ini merupakan ikan berdaging putih, tebal, dan rasanya yang khas. tenang, kini banyak dijual ikan kakap filet memanjang maupun filet kotak siap olah.

Setelah mendapatkan filet kakap yang segar, kita bumbui dengna bumbu kaldu ayam. Kemudian celupkan ke kocokan telur ayam, baluri dengan tepung, terakhir lapisi dengan tepung panir. Kamu bisa mengulangi proses pelapisan ini dua kali agar tepung panir melekat sempurna dan terasa lebih renyah. Lalu, goreng ikan dengan api sedang agar matang secara merata dan tidak mudah hangus. Saat menggoreng, sebaiknya kamu tidak sering membolak-balikkan ikan. Tujuannya agar tepung pelapis ikan tetap melekat sempurna. Usai menggoreng ikan, lanjutkan dengan menumis saus telur asin.

Tidak butuh waktu yang lama bukan untuk memasaknya ya? Lansung saja kita cari tahu apa saja sih bahan-bahan dan cara memasaknya!

Bahan-bahan :

  • 300 g filet ikan kakap, potong dadu 3 cm
  • 1 butir telur ayam, kocok kepas
  • 100 g tepung terigu
  • 1 sdt bumbu kaldu ayam
  • 200 ml minyak, untuk menggoreng
    100 g tepung panir

Bahan Saus :

  • 2 suing bawang putih, cincang kasar
  • 1 sdm minyak, untuk menumis
  • 1 bungkus bumbu ayam saur telur asin
  • 1 sdm margarin

Cara Membuat :

  1. Lumuri filet ikan dengan bumbu kaldu ayam hingga merata.
  2. Selimuti secara merata dengan tepung terigu, kemudian balur ke telur kocok. Lumuri kembali dengan tepung panir.
  3. Panaskan minyak, goreng ikan hingga matang dan kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan bumbu ayam saus telur asin.

Sharing is caring!

Tagged :

TukangMasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *