Hobbymakan.com – Makan merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling utama. Tanpa makan, tubuh menjadi lemas dan bahkan akan mengalami gizi buruk. Namun, banyak orang seringkali mengabaikan menu makanan yang dikonsumsi. Padahal, organ tubuh membutuhkan makanan yang sehat agar bisa berfungsi dengan sempurna.

Selain itu, makanan sehat juga bisa dimasak sendiri di rumah. Ada banyak cara untuk mengolah dan menyajikan menu makanan sehat agar tidak membosankan.

Ada beberapa rekomendasi menu makanan sehat dapat berupa sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Mengurangi konsumsi garam, gula, beras, dan apapun berwarna putih juga baik untuk kesehatan.

Jadi, apa saja sih menu makanan sehat yang aman dikonsumsi tubuh? Yuk simak contoh makanan sehat tradisional dan juga modern, seperti yang dilansir tim Hobbymakan.com dari berbagai sumber.

Menu Makanan Sehat Tradisional

  1. Sup Bening

Sup bening yang terdiri dari berbagai macam sayuran bisa memberi tenaga. Makan malam sebaiknya pilih menu suo bening dibanding tipe sup yang kental dan mengandung banyak bumbu. perbanyak sayuran dan kurangi daging-dagingan. Sup sayuran juga membuat pencernaan Anda lebih lancar dibandingkan dengan sup pekat dan mengandung banyak lemak.

2. Pepes Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh.

Bahkan, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Anda bisa memasak pepes ikan yang kental akan rasa masakan tradisional namun juga sehat untuk tubuh.

3. Pecel

Siapa sih yang tidak mengenal pecel? Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, mentimun, dan banyak lagi. Dengan variasi sayuran di dalam pecel, Anda akan terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh yang lemah. Namun, karena pecel dibaluri bumbu kacang, tak jarang bumbu tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah.

4. Brokoli

Diantara banyaknya sayuran hijau, sayur brokoli memang bannyak dicari. Rasanya tidak pahit dan mengandung kalori yang rendah. Menu ini cocok untuk makan malam Anda karena menyuplai anti oksida dan menyehatkan di malam hari. Sayur brokoli dapat anda kreasikan menjadi tumis brokoli maupun dengan mencampurnya dengan sayuran lain menjadi cap cay goreng ataupun rebus.

5. Selada

Sayuran hijau ini menyegarkan dan mengandung banyak serat. Selada bisa membantu Anda kenyang lebih cepat. Sajikan dalam salad karena selada adalah makanan yang tergolong dalam ‘zero calories’. Jadi, dijamin tidak akan membuat anda gemuk.

Menu Makanan Sehat Modern

Seiring dengan perkembangan zaman, para ahli kesehatan juga menemukan inovasu makanan sehat yang patut untuk dikonsumsi. Inovasi tersebut berupa menu makanan sehat modern yang memadukan berbagai bahan makanan yang belum pernah terpikir sebelumnya.

6. Toast Selai Alpukat dan Telur

Jika biasanya roti tawar, alpukat dan telur dimakan secara terpisah, kali ini ketiga makanan tersebut dikominasikan menjadi makanan sehat yang tidak boleh anda lewatkan. Menu ini bisa dimakan saat sarapan. Selain mengurangi konsumsi karbohidrat pada nasi, roti tawar selai alpukat dan telur juga biasanya menjadi alternatif menu sarapan sehat yang modern.

7. Steak Salad

Konsumsi daging sangatlah penting untuk kesehatan tubuh, Kandungan gizi daging sapi khususnya kaya akan sumber protein dan besi. Anda bisa kreasikan Salad sayur dengan daging sapi untuk memulai hidup sehat dengan gaya modern.

8. Oatmeal

Semangkuk oat-meal pagi hari dapat menurunkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan menurunkan kolesterol. Kandungan serat yang tinggi membuat oat-meal menjadi menu sarapan yang ideal. Anda bisa menambahkan buah segar rendah gula, kacang, atau susu kaya kalsium sebagai toping.

9. Sandwich

Layaknya roti tawar selai alpukat telur, sandwich juga bisa dijadikan alternatif menu makanan sehat modern. Sandwich biasanya terdiri atas tomat, mentimun, selada, dan juga tambahan keju. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan daging dan telur. Dengan mengkonsumsi sandwich, Anda berhasil melahap menu sehat all in one.

10. Smoothies

Smoothies adalah jenis jus buah yang dibuat lebih pekat dan kental. jika biasanya jus buah hanya dicampur dengan air putih dan gula, smoothies bisa dicampur dengan es batu, yoghurt, madu ataupun susu kental manis.

Namun, bisa juga berupa campuran buah dan sayur, lho. Smoothies sangat cocok untuk masuk ke dalam menu makanan sehat karena nutrisi lebih mudah diserap jika tekstur makanan lebih halus. Ditambah, Anda hanya perlu meneguknya tanpa harus mengunyah.

Nah, tadi contoh-contoh menu makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh Anda varsi hobbymakan.com. Hindari makanan junk food dan terapkan gaya hidup sehat agar tubuh selalu bugar.

Sharing is caring!

Tagged :

Shiviluo

Gourmet Fooderista Foodeciuos HungryComplex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *