Bahan dan Bumbu Membuat Sate Padang:
Memarkan 2 cm lengkuas
1 lembar daun kunyit
Memarkan 1 batang serai
Memarkan 2 cm jahe
1/2 kg daging sapi
1 lidah sapi
1/2 kg campuran jeroan sapi
500 ml air
4 lembar daun jeruk
50 gram tepung beras, dilarutkan dengan sedikit air

Bumbu Sate Padang yang Dihaluskan:
4 cabai merah kering
1 sdt garam
5 siung bawang putih
2 sdt ketumbar, sangrai
5 butir bawang merah
1/2 sdt merica bubuk
5 cm kunyit
1 sdt jintan bubuk, sangrai
1/2 sdt gula pasir

Bahan Pelengkap Untuk Sate Padang:
Bawang goreng untuk taburan
Ketupat atau lontong
Daun pisang, potong melingkar

Cara Mengolah Daging dan Jeroan Sebelum Diolah:
Potong daging, lidah dan jeroan berbentuk dadu. Jangan terlalu tebal dan besar, agar ketika dibakar tidak ada bagian daging yang masih mentah. Setelah dipotong-potong secara menyeluruh, cuci dengan air bersih semua bahan termasuk dengan daging dan jeroan. Masukkan daging dalam wadah kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Bumbu Sate Padang:
Haluskan semua bumbu dengan menggunakna mesin penggiling atau dapat juga ditumbuk dengan menggunakan ulekan hingga bumbu benar-benar halus.

Kemudian taburkan/lumuri bumbu yang telah dihaluskan ke daging, lidah dan jeroan yang telah dibersihkan. Diamkan daging, lidah dan jeroan yang telah dilumuri bumbu selama 30 menit agar bumbu meresap.

Setelah dipastikan bumbu telah meresap, panaskan air hingga mendidih dan masukkan jahe, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit dan masukkan daging, lidah dan jeroan yang telah disiapkan. aduk pelan hingga tercium aroma harum dan daging terlihat matang.

Setelah daging matang, angkat dari wajan dan kentalkan kuah yang dimasak tadi dengan menambahkan tepung beras hingga mengental dan diaduk dengan cepat agar lebih mudah merata.

Siapkan tusukan sate dan tusuk daging, lidah dan jeroan yang sudah dipotong-potong tadi secara berseling ataupun sesuai dengan selera. Setelah itu, bakar sate di atas panggangan hingga warna daging berubah menjadi kecokelatan.

Setelah berubah warna kecokelatan, sate pun siap dihidangkan dengan ditaburkan tambahan bawang goreng agar lebih nikmat..

Sharing is caring!

Tagged : # #

Shiviluo

Gourmet Fooderista Foodeciuos HungryComplex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *