Hobbymakan.com – Bubur Manado dikenal dengan sajian bubur yang unik sebab ada banyak bahan campuran yang dimasukkan kedalamnya sehingga membuat tampilan bubur lebih berwarna. Selain itu, sajian ini pun sehat sehingga sangat direkomendasikan untuk sahabat hobbymakan.com membuatnya di rumah.

Sajian
Masakan
Waktu Persiapan
Waktu Memasak
Porsi
Kalori

Bahan-bahan :

  • 150 gram beras
  • 1.800 ml air
  • 4 lonjor kacang panjang
  • 50 gram ubi jalar dipotong kotak
  • 100 gram labu kuning dipotong kotak
  • 1 buah jagung sisir
  • 1 ikat kangkung yang sudah disangrai
  • 25 gram daun melinjo muda
  • 1 batang daun kemangi
  • 1 sendok makan garam

Bahan Pelengkap Bubur :

  • 150 gram ikan gabus asin

Langkah-langkah :
Persiapan Membuat Bubur Manado Paket Kumplit yang Praktis dan Menyehatkan

  1. Untuk membuat sajian bubur manado kali ini, lebih baik kita persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang kita perlukan dan diolah pada resep. Dengan begini ketika Anda sudah mengolah bahan dengan merata maka tentunya akan lebih mudah untuk Anda meracik bumbu dan membuat sajian kali ini.
  2. Bahan pertama yang perlu diolah dan dibersihkan dengan merata adalah beras sebagai bahan utama pembuatan bubur kali ini. Untuk membersihkan sajian kali ini Anda akan dapat melakukannya dengan cara memasukkan beras ke dalam sebuah wadah. Lalu kucuri dengan air bersih dan aduk dengan merata sampai kotorannya keluar.
  3. Buang air cucian beras dan dan lakukan langkah pembersihan ini secara berulang-ulang, karena dengan demikian beras yang kita gunakan akan bersih secara merata.
  4. Pastikan pula bila Anda membersihkan semua sayuran yang ada pada bahan dengan merata. Tempatkan masing-masing sayuran dalam wadah yang terpisah dan bersihkan dengan merata.
  5. Untuk kacang panjang, bahan ini akan dapat anda potong terlebih dahulu dengan ukuran kira-kira 2 cm. Masukkan dalam wadah dan bersihkan dengan air bersih sampai kotorannya bersih dengan merata.
  6. Sementara untuk bahan pelengkap ikan asin gabusnya. Silahkan potong ikan asin menjadi ukuran yang lebih kecil kira-kira 1 cm. Lalu kemudian goreng sampai matang dan kering. Angkat kemudian sisihkan dalam sebuah wadah.

Cara Membuat Bubur Manado Paket Kumplit yang Praktis dan Menyehatkan

  1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terebih dahulu merebus beras dalam sebuah panci sedang. Lalu tambahkan kedalamnya bumbu seperti garam.
  2. Tuangkan air dan aduk-aduk sajian bubur ini sampai setengah matang dan merata. Masukan labu kuning yang sudah dipotong dan dibersihkan. Tambahkan ubi jalar dan jagung kedalamnya. lalu aduk dengan merata sampai bahan ini tercampur.
  3. Setelah itu, kemudian masak bubur bersama dengan sayuran yang baru saja dimasukkan sampai 3/4 matang. Kemudian tuangkan kangkung bersama dengan bayam dan juga kacang panjang. Aduk dengan merata dan tambahkan kemangi kedalamnya.
  4. Bila bahan tersebut sudah tercampur dan agak layu silahkan masukkan daun melinjo dan aduk sajian ini sampai matang dan bubur menjadi lebih mengental dengan merata.
  5. Cicipi dulu rasa dari sajian bubur kali ini apakah sudah pas atau masih belum. Bila masih belum maka anda dapat memasukan tambahan garam dan penyedap rasa kedalam sajian bubur tersebut.

Nah, setelah matang maka sajian ini dalam wadah untuk kemudian anda akan dapat menikmatinya bersama dengan ikan asin goreng sebagai bahan pelengkap.

Selamat mencobanya sahabat Hobbymakan.com

Sharing is caring!

TukangMasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *